Minggu, 26 Agustus 2012

Ukiran Asli Jepara

Ukiran Asli Jepara
Ukiran Asli Jepara- Para pengukir jepara pandai menyesuaikan diri dengan gaya ukiran baru. Mereka tidak hanya membuat gaya ukiran khas Jepara saja tapi ukiran lainnya yang tak kalah menarik. Meskipun ukiran Jepara beragam, sebaiknya kita tidak melupakan gaya ukiran khas Jepara.

Biasanya disebut ornamen Jepara. Meskipun tak ada sebutan khusus, tapi ia dapat dikenali dari ciri khasnya. Ukiran Jepara mengambil bentuk dedaunan. Ada yang mengatakan itu adalah daun tanaman wuni. Wuni adalah jenis rerumputan liat yang banyak tumbuh di Jepara.

Tanaman itu memiliki buah kecil-kecil yang digemari burung. Bentuk tanaman wuni itu diolah seniman ukir menjadi bentuk desain ukiran yang indah.

Ciri khas ukiran itu, daunnya digambarkan melengkung-lengkung luwes. Seolah ada iramanya. Ujung daunnya runcing. Buah-buah kecil diukir menggerombol. Kadang, ditambahkan ukiranburung yang hendak mematuk buah itu.

Ukiran gaya Jepara ini dulu banyak diukirkan pada peti-peti kayu. Meja kursi juga ada. Tapi, sekarang jarang diukirkan pada meubel lagi. Ukiran Jepara yang berkembang saat ini justru banyak yang merupakan hasil kreasi baru. (Joko/Potneg/Annisa/Kidnesia/Foto: Ricky Martin)

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 00.51 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

peluang usaha
 
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
WordLinx - Buy Real Visitors